Neraka Wembley untuk Liverpool

Liverpool kalah 1-4 dari Tottenham dalam laga terakhir di Stadion Wembley. (football5star.com / theanfieldwrap.com)

PREDIKSIBETTING – Akhir pekan ini, big match Tottenham Hotspur vs Liverpool tersaji di pentas Premier League. Bagi sang tamu, laga nanti adalah ujian tersendiri karena akan berlangsung di Stadion Wembley. Sejak stadion itu dibangun ulang, The Reds sulit meraih kemenangan di sana.

Sejak Wembley kembali dibuka pada 2007, The Reds telah tujuh kali melakoni laga di sana. Hasilnya, di luar adu penalti, hanya dua kali mereka menang. Itu pun salah satunya diraih dalam laga pramusim 2016-17 melawan Barcelona dengan skor 4-0.

Liverpool saat menang 2-1 atas Everton di semifinal Piala Liga 2011-12.

Satu-satunya kemenangan dalam laga resmi diraih pada 14 April 2012. Dalam laga semifinal Piala FA, The Reds menang 2-1 atas Everton. Satu hal yang patut dicatat, gol penentu kemenangan dicetak Andy Carroll hanya empat menit jelang bubaran pertandingan.

Kemenangan lain didapatkan Liverpool lewat adu penalti. Itu terjadi di final Piala Liga 2011-12. Menghadapi Cardiff City, The Reds dipaksa bermain imbang 2-2 hingga 120 menit.

Dalam adu penalti, The Reds sempat dibuat waswas setelah dua penendang pertama, Steven Gerard dan Charlie Adams, gagal menaklukkan Tom Heaton. Mereka lantas bisa bernapas lega setelah tiga eksekutor lawan gagal menembus gawang Pepe Reina.

Selalu Kalah
Setelah itu, tak ada lagi kemenangan yang diraih Liverpool di Wembley. Mereka kalah 1-2 dari Chelsea di final Piala FA 2011-12. Lalu, takluk 1-2 di semifinal Piala FA 2014-15 dari Aston Villa dengan skor 1-2.

Juergen Klopp saat Dortmund kalah dari Bayern Munich di final Liga Champions 2012-13.

Kekalahan juga didapat dalam final Piala Liga 2014-15 saat menghadapi Manchester City. Bermain imbang 1-1 hingga perpanjangan waktu, mereka takluk 1-3 dalam adu penalti. Terakhir, musim lalu, mereka dihajar 1-4 oleh Tottenham di Premier League.

Khusus bagi manajer Juergen Klopp, ada trauma lain. Di Wembley, dia mengalami kekalahan 1-2 saat Borussia Dortmund menghadapi Bayern Munich dalam laga final Liga Champions 2013-14.

Toh, itu bukan berarti Liverpool dan Klopp dipastikan kembali terkapar. Untuk laga kali ini, mereka setidaknya punya dua modal. Pertama, rekor empat kemenangan beruntun awal musim. Kedua, The Lilywhites dikabarkan tak akan diperkuat Hugo Lloris dan Dele Alli.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *